Latest Tweets

LightBlog

Breaking

Sunday, March 5, 2017

Adab Dengan Ibubapa


Firman Allah yg artinya :

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapamu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al-Isra’: 23)

Hendaklah difahami bahwa hak kedua orang tua merupakan hak terbesar yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim, berikut ini adalah beberapa petunjuk Rasulullah SAW. dalam beradab & berbakti kepada kedua orang tua semasa hidupnya.

-Mentaati mereka selama tidak mendurhakai Allah Ta’ala.

Mentaati kedua orang tua hukumnya wajib atas setiap muslim, sedang mendurhakai keduanya merupakan perbuatan yang sangat diharamkan, kecuali jika mereka menyuruh untuk menyekutukan Allah SWT. (berbuat syirik) atau berbuat maksiat kepadaNya. Allah Ta’ala berfirman, artinya,

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, ….” (QS.Luqman:15)

Selain itu, Rasulullah SAW. pun bersabda, “Tidak ada ketaatan untuk mendurhakai Allah. Sesungguhnya ketaatan itu hanya dalam melakukan kebaikan”. (HR. Al-Bukhari)

-Berbakti dan merendahkan diri di hadapan kedua orang tua

Allah SWT. berfirman, artinya,

“…dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan «ah» dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.” (QS. Al-Israa’: 23-24)

Rasulullah SAW. bersabda, “Sungguh merugi, sungguh merugi, dan sungguh merugi orang yang mendapatkan kedua orang tuanya yang sudah tua bangka atau salah seorang dari mereka kemudian hal itu tidak dapat memasukkannya ke dalam syurga.” (HR.Muslim)

Di antara bakti terhadap kedua orang tua adalah menjauhkan ucapan dan perbuatan yang dapat menyakiti mereka, walaupun berupa isyarat atau dengan ucapan ‘ah’, tidak mengeraskan suara melebihi suara mereka. Rendahkanlah diri dihadapan keduanya dengan cara mendahulukan segala urusan mereka.

-Menyediakan makanan untuk mereka.

Hal ini juga termasuk bentuk bakti kepada kedua orang tua, terutama jika hal tersebut merupakan hasil jerih payah sendiri. Lebih-lebih jika keadaan keduanya sudah sangat tua. Sudah sepatutnya, mereka disediakan makanan dan minuman yang terbaik dan lebih mendahulukan mereka berdua dari pada dirinya, anaknya dan istrinya.

-Meminta izin kepada mereka sebelum berjihad dan pergi untuk urusan lainnya.

Izin kepada orang tua diperlukan untuk jihad yang belum ditentukan (kewajibannya untuk dirinya). Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW. dan bertanya, “Wahai Rasulullah apakah aku boleh sertai berjihad?”


4 comments:

  1. Perkongsian yang baik. Terima kasih di atas peringatan :)

    ReplyDelete
  2. jika ibubapa kita masih ada, moga kita berkesempatan nak balas jasa mereka :')

    ReplyDelete
  3. selagi mereka masih hiup, berbaktilah kepada mereka dengan sebaiknya. gembirakan hati kedua ibu bapa kita

    ReplyDelete

Adbox